Oatsy

Info Sehat

Info Sehat

Seputar Pengendalian Berat Badan

Pengendalian berat badan terdengar lebih mudah daripada pencapaiannya. Tidak ada cara mudah untuk mencapai berat badan yang ideal, namun bukan juga berarti hal ini tidak mungkin untuk dilakukan.

Sering kita dengar bahwa makan pagi adalah sebenarnya waktu makan yang paling penting dalam sehari kehidupan kita. Namun tidak banyak orang yang justru melewatkan makan pagi karena sibuk dan kebiasaan hidup mereka.

Penelitian membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi makan pagi secara reguler justru adalah orang yang mampu mempertahankan berat badan ideal mereka dikarenakan mereka mampu mengontrol rasa lapar mereka dan tidak membiarkannya meledak tiba-tiba.

Selain makan pagi, hal yang sering kita dengar berikutnya adalah jika kita terus mengkonsumsi snack, maka berat badan akan bertambah.

Dalam hubungannya dengan kesehatan lambung, di mana disarankan agar mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil namun dalam frekuensi makan yang lebih sering, snack menjadi bagian penting dalam jadwal makan.

Sebenarnya bukan snack yang bermasalah sehingga berat badan bertambah, melainkan pilihan snack yang dikonsumsi yang harus menjadi perhatian.

Cobalah ganti kebiasaan snack anda menjadi makanan kecil yang lebih sehat. Contohnya, dibandingkan mengkonsumsi es krim dan biscuit, cobalah konsumsi yoghurt dan granola bars. Dibanding mengkonsumsi kerupuk, cobalah mengkonsumsi buah potong seperti apel atau sayuran seperti seledri.

Olahraga, tentu saja ini adalah bagian integral dari signifikansi pengendalian berat badan. Lakukan olahraga secara teratur setidaknya 20-30 menit sehari dengan frekuensi 3 kali seminggu. Pusatkan terutama pada latihan kardiovaskuler yang akan membantu membangun daya tahan fisik selain juga menyehatkan fungsi jantung dan saluran pernafasan.

Jika kita memiliki berat badan yang ideal dan proporsional, maka kita tahu bahwa

  1. Kita terhindar dari resiko penyakit jantung, stroke, diabetes dan darah tinggi dan berbagain macam kanker.
  2. Kita terhindar dari radang sendi dan radang otot. Ingatlah bahwa beban berat pada tubuh tidak hanya mengakibatkan terganggunya fungsi organ dalam namun juga organ luar. Contohnya, sendi lutut adalah sendi yang paling terpengaruh jika berat badan berlebih. Hal ini dikarenakan topangan yang harus ditahan oleh sendi tersebut saat kita berdiri, berjalan dan bberlari.
  3. Kita terhindar dari rasa lelah berlebih. Badan yang lebih ringan tidak akan memberatkan kita karenanya membuat kita lebih aktif dalam beraktivitas.
  4. Menambah rasa percaya diri. Sudah barang tentu dengan penampilan yang lebih baik, rasa percaya diri akan bertambah.
  5. Kita bisa memiliki variasi makanan yang lebih banyak dibandingkan mereka yang memiliki penyakit tertentu karena kita lebih tidak beresiko terkena penyakit tertentu.