Oatsy

Info Sehat

Info Sehat

Seputar Kesehatan Jantung

Jantung adalah bagian tubuh yang sangat vital. Seiring dengan berubahnya gaya hidup kita dan kecenderungan untuk mengkonsumsi produk dengan lebih cepat, stress berlebih dan kurangnya ruang dan waktu olahraga, makin banyak orang terserang penyakit jantung.

Beberapa point di bawah dapat membantu anda memahami lebih lanjut seputar kesehatan jantung.

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah dikarenakan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah sendiri adalah hasil dari penumpukan zat tertentu di arteri. Salah satu zat tersebut biasanya ada lapisan lemak lunak yang menumpuk dan mengeras. Akibat hal ini bisa saja akibatnya terjadi stroke dan serangan jantung. Walaupun selain sebab tersebut, ada pula faktor genetic dan kelamin yang mempengaruhi, namun secara jamak, kendali atas tubuh ada di tangan anda. Maka, marilah kita lihat hal yang harus diperhatikan agar jantung kita sehat:

  1. Telusuri apakah ada faktor keturunan yang harus kita ketahui. Selain dilihat dari adanya keluarga yang terkena penyakit jantung, ada beberapa penyakit lain yang juga berhubungan dengan kesehatan jantung, misalnya diabetes dan tekanan darah tinggi.
  2. Makanlah makanan yang tinggi serat, rendah lemak dan kolesterol.
  3. Perhatikan berat badan, tekanan darah dan kolesterol anda. Selain agar jantung sehat, berat badan yang proporsional akan membantu agar fisik anda sehat, kaki tidak cepat pegal dan mengurangi radang sendi.
  4. Olahraga secara teratur. Setidaknya 3x seminggu selama 20-30 menit, akan membantu meningkatkan mobilitas dan juga membangun daya tahan fisik.
  5. Hindari rokok. Orang yang tidak merokok memiliki kemampuan hidup lebih panjang dari orang yang merokok. Kurangi rokok agar anda terhindar dari resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan paru-paru.
  6. Lakukan meditasi dan hindari stress.
  7. Perhatikan kondisi tubuh anda. Tubuh akan memberikan signal tertentu jika memang tidak dalam kondisi baik. Jika anda sering menderita sesak nafas, berkeringat dingin dan lemah lesu, konsultasikan dengan dokter anda untuk mengetahui apa penyebabnya.

Keberadaan serat pangan larut Beta Glucan yang ada dalam Haver/Oat adalah hal istimewa. Karena serat pangan tipe ini telah terbukti dalam penelitian dapat membantu menurunkan kolesterol total secara menyeluruh dan secara spesifik menurunkan kolesterol jahat LDL.

Bayangkan Haver/Oat layaknya bagaikan sponge yang menyerap lemak dan kolesterol jahat LDL.

Karena hal tersebut jadikan Haver/Oat bagian dari makanan anda sehari-hari. Untuk resep sehat, lihat saran kami di bagian RESEP SEHAT OATSY.

Lemak sering kali terdengar dalam kaitannya dengan penyakit jantung. Namun sebenarnya harus dimengerti bahwa tidak semua lemak adalah jahat. Tubuh kita masih membutuhkan asupan lemak untuk menjalankan fungsinya secara menyeluruh. Mari lihat lemak mana yang kita perlukan.

LEMAK JENUH

Lemak ini adalah lemak yang sering dikenal sebagai lemak jahat. Lemak tipe ini adalah lemak yang menaikkan level kolesterol darah, meningkatkan resiko penyakit kanker seperti kanker prostat dan kanker usus.

Makan yang tergolong jenis ini seperti susu full cream, mentega, ice cream, daging merah, daging proses, makanan kaleng, santan dan gorengan.

LEMAK TAK JENUH TUNGGAL dan GANDA

Lemak ini adalah lemak lemak baik yang justru meningkatkan kolesterol baik dalam darah HDL dan mengurangi kolesterol buruh dalam darah LDL.

Banyak kacang-kacangan, dan ikan seperti tuna dan salmon adalah makan yang memiliki banyak kandungan lemak jenis ini.

LEMAK TRANS

Kandungan lemak ini ada pada minyak goreng, kue, biscuit dan makanan lain yang digoreng. Lemak jenis ini sangat berbahaya dan sebaikna dihindari.

Garam diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Namun garam berlebih akan dikeluarkan melalui ginjal. Karenanya, garam yang berlebih dapat menumpuk dank arena tidak bisa dikeluarkan sepenuhnya akan beredar lagi dalam darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.

Umumnya orang yang memiliki tekanan darah tinggi harus berhati-hati terhadap resiko penyakit jantung. Karenanya hindari makanan dengan garam berlebih, hindari makanan beku dan kaleng serta saus siap saji.