Oatsy

Info Sehat

Info Sehat

Seputar Nutrisi dan Gaya Hidup Sehat

Hidup sehat dimulai dari menyeimbangkan apa yang masuk ke tubuh kita dan apa yang keluar dari tubuh kita baik dalam bentuk aktivitas harian maupun olahraga. Karena itulah sangat penting untuk diketahui, apa yang kita konsumsi setiap harinya.

Seringkali, seiring dengan pertambahan usia, barulah banyak orang berpikir untuk memulai hidup sehat. Alangkah baiknya jika kebiasaan tersebut sebenarnya dimulai sejak dini.

Salah satu cara hidup sehat adalah dengan mengerti benar apa saja asupan yang layaknya kita konsumsi. Banyak diet tidak memperhatikan segi nutrisi dan kalori yang diperlukan tubuh sehingga akhirnya menyebabkan kepayahan dan sakit.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk meningkatkan nutrisi dalam asupan makanan kita:

  1. Awali hari dengan makan pagi yang kaya serat.
  2. Makanlah sayur dan buah-buahan secara teratur setiap harinya. Biasakan agar kedua jenis makanan ini menjadi teman anda setidaknya dalam dua kali waktu makan anda.
  3. Janganlah memasak sayur terlalu lama karena hal ini dapat menyebabkan hilangnya kandungan vitamin dan mineral yang sebenarnya diperlukan tubuh.
  4. Cobalah ganti menggoreng dengan memanggang, merebus dan mengkukus.
  5. Konsumsi makanan yang kaya protein nabati seperti tahu, tempe, susu dan susu kacang.
  6. Yoghurt dan susu low fat atau jika memungkinkan susu skim adalah jenis susu yang lebih baik dari full cream karena mengandung kebaikan susu tanpa tingginya lemak susu.
  7. Jangan lupa minum air yang banyak setiap harinya.

Ingatlah bahwa tiap orang adalah berbeda sehingga diet dan jenis makanan untuk tiap orang belum tentu sama. Jika bingung, konsultasikan dengan dokter anda mengenai asupan gizi seimbang untuk kebutuhan tubuh anda.

Piramida Makanan

Piramida makanan adalah sebuah alat bantu grafis untuk diet yang sehat. Gambar ini mengilustrasikan kepada kita untuk mengatur porsi makanan kita dari bawah ke atas mulai dari jumlah banyak ke jumlah sedikit.

Gambar ini juga mengilustrasikan jenis makanan yang harus dikonsumsi dalam volume besar hingga jenis makanan yang harus dikonsumsi dalam volume kecil.

Air Putih - Konsumsi air putih sekurangnya 8 gelas sehari.

Serat Pangan – Konsumsi serat utuh baik untuk tubuh. Setidaknya coba konsumsi setengah dari kebutuhan serat anda dalam bentuk Serat Utuh (Whole Grain). Pangan berjenis ini antara lain havermout/oatmeal dan nasi merah.

Sayur dan Buah – Jika memungkinkan konsumsi sayur dan buah dalam bentuk aslinya tanpa dimasak karena kandungan gizinya masih dalam keadaan utuh. Sayuran berwarna hijau sangat baik untuk membantu pencernaan. Konsumsi makanan seimbang dengan sayur dan buah secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Susu, Daging dan Kacang – Daging putih seperti ikan dan ayam, daging sapi tanpa lemak, tahu, tempe dan kacang kacangan adalah sumber protein yang baik. Jika memungkinkan sajikan makanan ini dengan dipanggang, direbus atau dikukus daripada dengan cara digoreng. Susu adalah makanan yang kaya akan kalsium. Sesuaikan jenis susu dengan usia anda contohnya untuk usia 40 tahun ke atas cobalah mengkonsumsi susu rendah lemak dan yoghurt dibandingkan dengan susu full cream.

Sebisanya hindari makanan berlemak, manis dan berminyak – Makanan jenis ini pada umunya adalah makan yang tidak menambah nutrisi bagi tubuh. Jika memungkinkan gunakan minyak dari kacang-kacangan sebagai pengganti minyak masak biasa dan margarin.

Info Nutrisi

Takaran Saji/Serving Size merupakan indikator jumlah penyajian per kali konsumsi. Bagi anda yang mengkonsumsi di bawah atau di atas takaran saji yang disarankan, terutama bagi mereka yang memonitor secara ketat kalori, lemak dan kandungan garam/sodium, takaran saji harus dihitung kembali secara proporsional.

Energi Total adalah jumlah energi yang didapat dari mengkonsumsi makanan sebanyak takaran saji di atasnya. Semakin jumlah Energi dari Lemak mendekati Energi Total maka bisa didapatkan pengertian makanan tersebut mengandung banyak lemak. Carilah makanan yang jumlah energi totalnya besar namun energi dari lemaknya kecil.

Lemak Total adalah jumlah lemak yang terkandung dari mengkonsumsi makanan sebanyak takaran saji di atasnya. Walaupun ada lemak baik yang diperlukan tubuh, namun bisa dibilang secara keseluruhan, kandungan lemak total harus tetap diperhatikan dengan seksama. Lemak Jenuh adalah lemak yang kurang baik. Meningkatnya lemak jenuh biasanya merupakan kontribusi signifikan bagi peningkatan kolesterol total dan kolesterol jahat LDL. Lemak Tidak Jenuh Tunggal sebaliknya adalah lemak baik karena cenderung meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

Protein sangat penting untuk tumbuh kembang dan perbaikan sel-sel tubuh. Namun perlu diperhatikan, mengingat biasanya level protein tinggi dibarengi dengan level lemak dan level kolesterol.

Jadikan Olahraga bagian hidup anda sehari-hari. Tidak ada definisi pasti berapa banyak waktu olahraga yang tepat. Satu hal yang pasti setiap orang harus mengatur jam dan jenis olahraga sesuai dengan kemampuan tubuhnya.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan olahraga walaupun usianya masih di antara 30-40 tahun belum tentu bisa memiliki daya tahan fisik lebih dibandingkan mereka yang terbiasa berolahraga namun sudah berusia 40-50 tahun.

Salah satu latihan olahraga yang baik adalah dalam bentuk latihan kardio (Cardiovascular exercise) di mana jenis olahraga ini berguna untuk menjaga kekuatan otot jantung. Setidaknya lakukan latihan seperti ini selama 30 menit 3x seminggu. Selain untuk otot janjung, latihan ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol baik HDL, dan mengurangi stress.

Beberapa latihan kardio yang baik adalah Berjalan, Berjalan Cepat, Berenang, Step Aerobik, Bersepeda, dan Berlari. Tanyakan jenis latihan yang cocok dengan anda ke dokter anda karena setiap orang memiliki kemampuan fisik dan daya tahan yang berbeda.